Pendidikan

Jaringan Bermasalah, UNBK Sempat Terhenti

Lombok Tengah, Talikanews.com – Di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Lombok Tengah sempat diwarnai insiden, pasalnya di sesi pertama yang mengujikan Bahasa Indonesia terhenti karena jaringan internet putus, Senin (23/4).

Kepala SMPN 1 Praya, Majri, S.Pd. M.Pd mengakui sempat mengalami kendala. Karena, jaringan di pusat terputus. Namun, hal itu tidak terlalu lama, hanya sekitar 15 menit, jaringan bisa kembali digunakan.

“Alhamdulillah kini sudah tidak ada masalah. Hingga sesi kedua berjalan lancar,” terangnya.

Dijelaskan Majri, dalam ujian kali ini dibagi menjadi tiga sesi. Dimana, sesi pertama dimulai pukul 07.00 wita-09.30 wita. Dilanjut sesi kedua, pukul 10.30 wita-12.30 wita, sesi ketiga dilanjut pukul 14.00 wita-16.00 wita.

“Kami bagi menjadi 4 ruangan dari jumlah siswa sebanyak 357 orang. Dalam satu ruangan diisi sebanyak 33 orang,” ungkapnya.

Kemudian, hal yang sama juga dikatakan guru SMPN 2 Praya, Warsito. Dimana, di sekolahnya juga sempat mengalami kendala. Namun, itu pun tidak terlalu lama. Hanya sekitar 15 menit, setelah itu kembali normal.

“Disini ada 200 siswa yang ikuti ujian. Dibagi dua ruangan, per ruangan 20 komputer,” ujarnya.

Sementara, Kabid SMP di Disdik Loteng, H Jumaidi mengakui juga jaringan internet sempat terganggu. Namun, persoalan ini tidak hanya terjadi di Loteng saja, melainkan secara Nasional.

“Hanya tersendat sekitar 15 menit saja. Karena, ketika itu token tidak bisa masuk. Tapi, setelah itu lancar,” pungkasnya. (TN-03)

Related Articles