Daerah

Pathul Bahri : Kobarkan Semangat Kartini

Lombok Tengah, Talikanews.com – Plt. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengatakan perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa. Kemampuan ini tentunya memerlukan pondasi yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi.

“Kemampuan inilah pula yang mendasari raden ajeng kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama terkait dengan posisi dan peran kaum wanita,” ungkap Pathul Bahri ketika memimpin upacara peringatan Hari Kartini di halaman Kantor Bupati Loteng, Jum’at (20/4).

Atas perjuangan Kartini itu lanjut Pathul Bahri, kini kita bisa melihat perempuan-perempuan indonesia yang hebat, tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga ikut berpartisipasi dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial.

Selain itu, tugas seorang perempuan secara kodrati, dimulai dari bagaimana memaksimalkan kemampuan perempuan dalam pembentukan karakter, hingga mempersiapkan anggota keluarga ketika keluar rumah untuk bersosialisasi dalam masyarakat.

Dalam kaitan pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah khususnya pemberdayaan perempuan, banyak program pembangunan yang harus menjadi fokus dan membutuhkan partisipasi dari kaum perempuan untuk menjadi motor penggerak.

Seperti, bagaimana upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian ibu melahirkan (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), pendidikan dasar sembilan tahun, mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, keikutsertaan perempuan dalam memastikan kelestarian lingkungan hidup dan lain sebagainya.

PSX_20180420_190630

Sehingga, peringatan hari kartini ini hendaknya dapat menggelorakan kembali semangat perjuangan kartini kepada segenap anak bangsa, dalam ikut serta melanjutkan berjuang mengisi kemerdekaan dengan membangun serta memperkuat perdamaian dunia yang dilandasi persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan pancasila.

“Kobarkan kembali semangat Kartini menjadi titik awal perjuangan kaum perempuan mengatasi berbagai hambatan, dan tantangan di segala bidang kehidupan, termasuk di kancah politik, serta lebih mendorong peran perempuan dalam kepedulian sosial kepada sesama,” katanya.

Akhirnya kita semua tentu berharap, peringatan hari kartini tahun ini dapat menjadi momen kebangkitan kaum perempuan, untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah. (TN-03)

Related Articles

Back to top button