Nasional

Akhir Masa Jabatan, TGB Raih Penghargaan Tokoh Perbukuan Islam

Mataram, Talikanews.com – Diakhir masa jabatan yang tinggal beberapa bulan lagi. Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi kembali dianugerahi penghargaan sebagai tokoh perbukuan Islam 2018.

Penghargaan tersebut diterima saat 17th Islamic Book Fair, yaitu pameran buku Islam terbesar se-Asia Tenggara bertempat di Jakarta Convention Center Senayan Jakarta, Rabu (18/04). Pada kesempatan itu sapaan TGB didampingi istrinya, Hj. Erica Zainul Majdi, hadir juga Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.

Proses penyerahan penghargaan oleh Ketua IKAPI Jakarta, Hikmat Kurnia. Acara itu mengusung tema, meraih kejayaan Islam melalui literasi, IKAPI memilih Gubernur sebagai peraih penghargaan tersebut karena sejumlah penilaian salah satunya, Gubernur Tuan Guru Bajang merupakan sosok yang gemar membaca dan menularkan hasil bacaannya tersebut kepada masyarakat luas.

Selain itu, TGB dinilai sebagai gubernur inspiratif bagi generasi bangsa, dengan sederet prestasi, baik sebagai ulama, maupun sebagai kepala daerah. Menurutnya juga, TGB merupakan kepala daerah yang berhasil mengangkat dan membangun NTB ke level yang membanggakan. Bahkan mampu bersaing dengan daerah-daerah lain yang lebih dahulu maju.

“Penghargaan ini kami berikan kepada Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi,” tutur Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda NTB, H Irnadi Kusuma, menyampaikan isi pidato ketua IKAPI Jakarta, Rabu (18/4).

Terkait atas penghargaan tersebut, Gubernur NTB, peraih ratusan penghargaan itu, menyampaikan rasa syukur atas penghargaan itu. Kendati demikian, menurutnya, masih banyak tokoh-tokoh lain yang juga harus mendapatkan penghargaan tersebut, sebagai bentuk penghargaan atas karya-karya besar mereka dalam bentuk literasi.

“IBF ini merupakan milestone bagi generasi muda. Bahwa kalau ingin bangsa ini maju dan kuat, maka literasihya harus kuat, “kata dia.

Gubernur dua periode itu mengaku, penghargaan tersebut bukan hanya untuk dirinya melainkan juga untuk generasi muda bangsa, khususnya NTB.

“Penghargaan ini untuk anak-anak muda NTB,” cetusnya.

Selain tokoh perbukuan Islam 2018, IKAPI Jakarta juga menyerahkan penghargaan kepada para penulis dengan kategori Buku Islam terbaik kategori fiksi dewasa, Buku Islam terbaik kategori non-fiksi anak, Buku Islam terbaik kategori non-fiksi dewasa, Buku Islam terbaik kategori Terjemahan, Buku Islam dengan Desain Sampul Terbaik dan Buku Islam dengan Ilustrasi Terbaik. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh ikatan penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta.

Pada saat itu juga, Muhammad Anis Baswedan selaku Ketua panitia, melaporkan bahwa IBF tahun ini merupakan wahana dan salah satu ajang untuk wisata literasi Islami. Sekitar 151 penerbit dan 53.000 judul buku serta 15.000.000 eksemplar buku dipamerkan dalam IBF tersebut.

Adapun tujuan digelarnya pameran buku tersebut, agar para generasi muslim menyadari pentingnya membaca dan menguatkan diri dengan literasi. “Kami berharapan, pengunjung datang ke pameran ini sebagai kegiatan wisata yang indah nyaman dan menyenangkan,”tutupnya. (TN-04)

 

Related Articles

Back to top button