Pendidikan

Hari Kedua, USBN SMP On The Track

Mataram, Talikanews.com – Memasuki hari kedua, pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) masih terpantau lancar.

Di Mataram sendiri, terdapat 7948 siswa SMP sederajat yang mengikuti ujian menggunakan kertas dan pensil ini dan dilaksankan di 66 SMP dan MTs.

Pantauan di salah satu sekolah penyelenggara USNB, yaitu SMP Negeri 6 Mataram sebagai salah satu sekolah favorit, pelaksanaan ujian berlangsung lancar. Dari 375 siswa, tidak ada satupun yang tidak ikut dalam ujian yang menjadi salah satu penentuan kelulusan ini.

Kepala sekolah setempat, Azizudin mengatakan, dalam ujian kali ini, siswa diwajibkan menjawab soal yang terdiri dari dua jenis, yaitu pilihan ganda dan esai.

“Ujian ini jadi salah satu penentu kelulusan siswa, makanya kami juga sudah persiapkan siswa dengan matang,” ungkapnya.

Hal yang sama juga terjadi di SMP Negeri 1 Mataram. Seluruh siswa yang berjumlah 545 orang hadir seluruhnya.

Kasek SMP Negeri 1 Mataram, Saptiadi Akbar menerangkan, yang menjadi pembeda tahun ini adalah jumlah mata pelajaran yang diujikan bertambah. Sebelumnya hanya 3 mapel, tetapi tahun ini mencapai 7 mapel.

“Itu barangkali yang membuat lebih berat bagi siswa,” ungkapnya.

Diinformasikan, porsi pembuatan soal ujian ini mencapai 75 persen dari Dinas Pendidikan Kota Mataram dan sisanya dibuat oleh pusat.

Setelah pelaksanaan USBN ini, siswa kelas IX akan kembali menghadapi Ujian Nasional yang rencanannya akan digelar mulai senin 23 April 2018 ini. (TN-01)

 

Related Articles

Back to top button