Pemerintahan

BPD Dinilai Masih Lemah Jalankan Tupoksi

Lombok Tengah, Talikanews.comKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Tengah, Jalaludin menyemprot kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang selama ini lemah menjalan tugak dan fungsi (tupoksi) nya dalam menghasilkan produk-produk hukum, seperti Peraturan Desa (Perdes).

“Sebenarnya tupoksi BPD menghasilkan produk hukum, sehingga desa mempunyai aturan jelas dalam mengelola pemerintahan desa,” katanya.

Selama ini mana ada inovasi dan kreasinya, itu tidak ada. Artinya, kinerja BPD bisa dikatakan mandul atau sangat tidak produktif dalam menghasilkan produk hukum.

“Memang SDM yang lemah dan pemahaman tentang tupoksinya,” tegasnya.

Malah saat ini ucap Jalaludin, saking kritisnya BPD demo kadesnya. Hanya persoalan APBDes. Inikan tidak elok dilakukan seorang BPD. Seharusnya ada persoalan harus diselesaikan di desa.

“Maka inilah yang akan kami lakukan dalam waktu dekat untuk memberikan Bimtek kepada semua BPD, agar tidak terjadi hal-hal itu. Begitu pula, BPD bisa memahami dan mengetahui tupoksinya,” ungkapnya.

Untuk diketahui terang Jalaludin, saat ini sedang dilakukan proses pemilihan BPD di 106 desa dari 127 desa di Loteng. Artinya, ada 1300 BPD yang akan dilantik nanti. Karena di dalam kepengerusan BPD terdiri dari 9 orang.

“Rencananya Agustus akan dilantik,” pungkasnya.(TN-03)

Related Articles

Back to top button