Daerah

Sarparas Kesehatan Jauh, Pemdes Prabu Peras Otak

Lombok Tengah, Talikanews.comPemerintah Desa Prabu, Pujut rencananya akan membangun Polindes di Desa Prabu. Pasalnya, Polindes yang ada sekarang letaknya terlalu jauh, sehingga masyarakat yang ada di dusun Bunpetung dan lainnya sulit menjangkaunya.

“Sekarang letaknya di Dusun Bungawan. Jarak dari Dusun Bunpetung ke Dusun Bungawan sekitar 5 km,” kata Kepala Desa Prabu, Lalu Muhammad Saihu, kemarin.

Sehingga, inilah yang membuat dirinya tergerak untuk membuatkan satu polindes lagi di dusun Bunpetung. Sehingga dusun yang dekat dengan Bunpetung pula bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Memang sekarang sudah ada pelayanan kesehatan di dusun Bunpetung, walaupun masih menggunakan kantor desa terlebih dahulu. Ini sudah berjalan sejak tahun 2017,” ungkapnya.

Oleh sebab itulah, pihaknya akan memprioritaskan pembangunannya di tahun 2019. Itu pun, dana yang akan dipakai dari Dana Desa (DD). Karena, dana yang diharapkan dari pemerintah kabupaten Loteng, khususnya Dinas Kesehatan Loteng sudah tidak bisa diharapkan.

“Sudah tiga tahun ini kami usulkan, tapi jawabannya tetap sama akan memprioritaskan. Buktinya, hingga kini tidak ada realisasi,” ujarnya.

Padahal, kalau secara kalkulasi, pembangunan polindes itu akan menghabiskan dana sebesar Rp 150 juta.

“Insya Allah Dana Desa (DD) mampu membangunnya. Diaturan juga boleh diambil dari DD untuk pembangunan Polindes,” tungkasnya. (TN-03)

 

Related Articles

Back to top button