Daerah

Dewan Klaim Semua Perawat Punya STR, Benarkah ?

Lombok Tengah, Talikanews.comTenaga medis yang ingin mengabdi, baik di RSUD maupun puskesmas wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). Jika tidak ada, tidak bisa melakukan aktivitas pelayanan kesehatan.
“Kalau di Loteng semua sudah punya,” kata anggota Komisi IV DPRD Loteng, H Ahmad Supli, Selasa (10/4).

Ketika disinggung, apa bisa dipastikan semua telah milik STR. Supli tegaskan semuanya sudah punya. Pasalnya, ia sudah menghubungi Direktur RSUD Praya dan Kepala Dikes Loteng, dimana mereka katakan semua tenaga medis yang bekerja telah memiliki STR.

“Yang jelas sekarang bagaimana kita memberikan kesejahteraan bagi mereka,” ungkapnya.

Apalagi, sudah ada komitmen pemerintah akan menambah kesejahteraan mereka. Jadi silahkan berikan mereka upah sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sekitar Rp 1.700.000.

“Pemkab bisa memberikan upah sebesar itu, asalkan sanggup tidak mengadakan mobil dinas dan sarana prasaran yang dinilai tidak perlu,” ujarnya.

Kemudian, ia pula meminta kepada Direktur RSUD Praya maupun Kepala Dikes Loteng untuk tidak mengangkat atau merekrut tenaga medis baru. Pasalnya, tenaga medis yang ada sekarang sudah banyak. Artinya, jangan sampai over kapisitas. Sehingga, menimbulkan gejolak kembali.

“Mulai sekarang harus distop. Tidak boleh ada perekrutan tenaga medis lagi,” tandasnya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Loteng H Moh Nazili mengatakan, percuma para perawat, bidan atau dokter memiliki gelar sarjana, kalau tidak memiliki sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan pemerintah. Ujiannya, diberlakukan secara terpusat dibawah kendali Kementerian Kesehatan. Namun, dijalankan dibeberapa kampus kesehatan di daerah, yang sudah ditunjuk.

Untuk mendapatkan STR pun, diakui Nazili tidak lah mudah, tidak seperti sertifikasi guru. Bisa dikatakan sulit dan rumit, sehingga bisa dihitung dengan jari tangan yang memagang STR.

“Jadi mau tidak mau dan suka tidak suka, harus diterapkan tenaga medis kantongi STR,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles