Lifestyle

Menengok Cenah, Nenek Renta Pengidap Tumor yang Hidup Terlunta

Lombok Barat, Talikanews.com – Di pinggiran Desa Kuripan tepatnya di Dusun Lendang Sedi, seorang nenek renta, Cenah, 61 tahun hidup sendiri. Dia tinggal di gubuk reot peninggalan suami. Anak dan menantunya tinggal di rumah yang berbeda dengannya.

Mirisnya, Cenah memiliki penyakit sejenis tumor di bagian mata kanannya yang sudah 30 tahun ia idap tanpa pernah mendapat pengobatan medis. Anak dan menantunya memang ingin mengobati ke dokter, tapi apa daya, mereka tidak punya biaya.

Kalaupun akan ada batuan, mereka tidak berani karena khawatir akan ada biaya tambahan yang harus mereka bayar. Sementara untuk makan saja, mereka sering mengalami kesulitan.

Cenah yang memahami kondisi keluarganya juga tidak menuntut banyak, dia mengaku hanya pasrah dan mengobati dengan cara tradisional pada masa awal penyakit itu muncul di matanya.

Menantu Cenah, Nurhayati menuturkan, awal mula mertuanya mendapat penyakit itu sekitar 30 tahun silam. Waktu itu, di mata Cenah tampak ada bintik merah.

Keluarga mengira bintik itu hanya penyakit ngayah (Penyakit yang keluar melalui lubang di bagian tubuh atau pori-pori yang diakibatkan hawa panas dari dalam tubuh penderita-Red) sehingga hanya memberikan obat tradisional saja dan membawa Cenah ke dukun setempat.

Tapi sayang, bintik merah itu terus berkembang dari hari ke hari dan terus membesar, berbentuk daging dan tumbuh di mata Cenah. Semakin hari semakin tampak mengerikan bagi orang yang tidak biasa memandang.

Daging yang tumbuh itu semakin menyiksa Cenah, semakin lama dia semakin kesulitan untuk melihat dan tidak bisa bekerja seperti biasanya menjadi buruh tani untuk mengais rizki. Cenah menjadi orang yang bergantung hidup pada anak dan menantunya.

“Karena ibu (Mertua-Red) tidak mau tinggal dengan kami, tiap hari anak saya (Cucu Cenah-Red) yang antar makanan,” tutur Nurhayati si menantu yang diamini Cenah yang tampak menahan sakit dan berat mengeluarkan kata-kata.

Kini keluarga hanya berharap ada bantuan dan uluran tangan dari para dermawan untuk berobat bagi Cenah, minimal untuk memberli obat guna mengurangi rasa sakit yang selama ini diderita. (CR.1-TN)

 

Related Articles

Back to top button