Pariwisata

Dukung Pariwisata Angkasa Pura Resmikan Batik Premium Gate di LIA

Lombok Tengah, Talikanews.com – Angkasa Pura I berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara dengan menciptakan pengalaman penerbangan yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Salah satunya dengan hadirnya Batik Premium Gate dari Batik Air sebagai ruang keberangkatan khusus di Bandara Internasional Lombok.

Fasilitas ini adalah yang pertama dan satu-satunya di bandara kebanggaan masyarakat NTB ini, sejalan dengan semangat Batik Air dan Angkasa Pura I dalam memberikan kenyamanan sebelum penerbangan bagi pengguna jasa.

Hal ini juga sebagai bagian komitmen Batik Air dan Angkasa Pura I dalam meningkatkan pariwisata Lombok – Sumbawa dengan mempromosikan kearifan lokal sebagai salah satu destinasi populer di kancah nasional dan internasional.

Adapun bentuk dukungan tersebut, Batak Air meresmikan ruang tunggu khusus Batik Premium Gate di Bandar Udara Internasional Lombok, Praya, NTB, Jumat (6/4).

Fasilitas terbaru ini merupakan wujud komitmen dalam menyediakan pelayanan terbaik dan meningkatkan kenyamanan pelanggan saat berada di bandara atau sebelum masuk ke pesawat.

Pengoperasian Batik Premium Gate ini merupakan kerjasama Batik Air dengan Angkasa Pura I selaku pengelola gerbang udara terbesar di NTB. Hadirnya layanan ini sekaligus menjadikan Batik Air sebagai yang pertama dan satu-satunya maskapai yang menyediakan premium gate di bandara kebanggaan masyarakat NTB ini.

Area Manager Bali dan Nusa Tenggara Barat Lion Air Group Fajar Teguh Santoso dan Airport Manager Lion Air Group Iman Santoso memberikan kain tenun Lombok mencerminkan kesungguhan Batik Air dalam memperkenalkan dan mendukung pariwisata Lombok.

Kain yang kaya makna ini menjadi bagian industri kreatif desa wisata dan wisata belanja bagi traveler. Kain tenun Lombok berasal dari Suku Sasak yang mendiami wilayah Lombok sejak lama. Tak heran bila motif tenun tersebut merupakan filosofi dan identitas dari kebudayaan lokal khususnya NTB.

Kehadiran Batik Premium Gate di lantai 3 Bandara Internasional Lombok ini akan menambah pengalaman pre-flight bagi pelanggan kelas ekonomi, kelas bisnis, dan pemegang kartu Batik Frequent Flyer. Batik Premium Gate ini mampu menampung lebih dari 256 orang pelanggan dan menyediakan berbagai fasilitas, antara lain wireless internet connection, ruang ibadah, informasi, dan entertainment berupa TV Channel. Batik Premium Gate seluas lebih dari 1.087 m2 ini akan memberikan nilai lebih kepada pelanggan berupa pintu keberangkatan (gate) tersendiri dan lebih terkonsentrasi, serta akan diprioritaskan menggunakan garbarata untuk masuk ke dalam pesawat.

Selain itu, tersedia juga Concordia Lounge yang dikelola oleh Angkasa Pura Hotels – anak usaha Angkasa Pura I – yang menawarkan beragam menu makanan dan minuman penuh cita rasa yang dapat dinikmati oleh para pelanggan setia Batik Air.

CEO Batik Air, Capt. Ahmad Lutfhie merasa sangat senang meluncurkan Batik Premium Gate sebagai fasilitas terbaru Batik Air kepada pelanggan saat masih berada di terminal keberangkatan.

Ruang tunggu khusus keberangkatan di Bandara Internasional Lombok Praya ini akan mengakomodir kenyamanan tersendiri bagi penumpang seluruh kelas dengan fasilitas yang tersedia. Layanan ini diharapkan semakin meningkatkan pengalaman sebelum terbang. Kami memiliki keseriusan dalam menyediakan service berkonsep pre-flight, in-flight serta post-flight.

“Kami mendukung pengembangan pariwisata Lombok Sumbawa, itu lah sebabnya Batik Premium Gate dibangun merupakan kesungguhan Batik Air dalam meningkatkan pangsa pasar di kelas premium. Batik Air optimis, kehadiran di NTB ini akan memberikan dampak positif pada peningkatan arus kunjungan untuk berwisata atau melakukan bisnis, “ungkapnya.

Sementara, Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi melalui General Manager PT Angkasa Pura I LIA, I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, sebagai pengelola Bandara Internasional Lombok Praya, Angkasa Pura I berupaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa bandara, baik maskapai penerbangan maupun calon penumpang pesawat, agar dapat merasakan pengalaman terbang yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Angkasa Pura I mendukung Batik Air untuk memberikan kenyamanan lebih bagi calon penumpang sebelum penerbangan melalui keberadaan Batik Premium Gate ini.

Keberadaan Batik Premium Gate di lantai 3 terminal, akan menambah kapasitas bandara sebanyak sekitar 500 penumpang dalam satu hari atau 182.500 penumpang per tahun.

“Dengan penambahan kapasitas ini maka akan berkontribusi positif terhadap potensi peningkatan jumlah wisatawan menuju Lombok-Sumbawa,” ujarnya.

Ini juga bentuk mendukung program pemerintah dalam percepatan pertumbuhan ekonomi daerah, dari Lombok Praya Batik Air melayani rute harian ke Jakarta–Halim Perdanakusuma dan Cengkareng–Soekarno–Hatta. Lion Air memiliki frekuensi terbang menuju Bandung, Banjarmasin, Denpasar/ Bali, Cengkareng–Soekarno–Hatta, Makassar, Surakarta (Solo), Surabaya dan Yogyakarta. Wings Air terbang dari Lombok tujuan Bima, Denpasar, Semarang, Surakarta dan Sumbawa Besar.

Malah, Lion Air Group berkomitmen mendukung program Kementerian Pariwisata dalam mendatangkan 17 juta wisatawan menuju Indonesia. Para turis yang datang dari beberapa daerah dan luar negeri menggunakan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air, Malindo Air, Thai Lion Air dan Batik Air) dapat melanjutkan perjalanan menuju Pulau Lombok.

Untuk diketahui, jumlah wisatawan Lombok-Sumbawa pada 2017 mencapai 3,5 juta wisatawan atau meningkat 14 persen dibandingkan pada 2016 yaitu 3 juta wisatawan.

Sementara itu, pergerakan penumpang domestik dan internasional di Bandar Udara Lombok Praya pada 2017 tercatat 3,58 juta penumpang atau tumbuh 4,92 persen jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang mencapai 3,42 juta penumpang.

Lombok dengan destinasi Mandalika masuk dalam deretan program pemerintah sebagai pengembangan prioritas 10 Bali Baru. Mandalika yang dikenal dengan wisata bahari dapat ditempuh satu jam perjalanan dari Lombok Praya dan 30 menit berkendara dari pusat kota Lombok.

Dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata, Angkasa Pura I tengah melakukan peningkatkan fasilitas pelayanan di LIA antara lain perluasan landas parkir (apron) timur dan barat yang dapat menampung empat pesawat berbadan lebar (wide body), penataan drop dan pick up zone, penataan lantai 3 gedung terminal menjadi ruang tunggu keberangkatan, serta penambahan dua garbarata dan perpanjangan koridor terminal menuju parking stand. Pada 2017 sudah dilakukan beautifikasi di area terminal untuk meningkatkan kenyamanan penumpang seperti pembenahan toilet, smoking area dan penataan taman landscape. (TN-04)

Related Articles

Back to top button