Daerah

Kapolres Loteng : Polres Siap Tindak Galian C Ilegal Cuma Harus Turun Sama-sama

Lombok Tengah, Talikanews.com – Keberadaan galian C ilegal di Lombok Tengah terus menjamur. Bukannya hanya diwilayah utara Loteng saja kejadiannya, kini sudah merabah ke wilayah selatan Lombok Tengah. Seperti yang dikeluhkan warga Dusun Pogem Desa Sukadana, Pujut, yang diduga terdapat galian C ilegal. Namun, selama ini tidak ada tindakan tegas baik dari aparat penegak hukum, yakni kepolisian maupun pemerintah provinsi (Pemprov) NTB, setelah kewenangan izin tambang diambilnya.

Kapolres Loteng, AKBP Kholilur Rochman, SIK mengatakan, pihaknya siap menindak tegas para pengusaha yang menambang. Tapi, untuk melakukan penindakan hukum diperlukan secara komprensif, bukan hanya kepolisian saja. Apalagi, soal tambang ini sudah diambil alih oleh Pemprov NTB.

“Ayo kita turun sama-sama, jangan kami saja yang dibenturkan dengan masyarakat,” tantang Kholilur Rochman.

Sementara langkah awal, pihaknya menghimbau kepada pengusaha yang menambang untuk menghentikan aktivitas penambangannya. Apalagi, aktivtas yang dilakukan itu ilegal.

“Silahkan hentikan aktivitasnya,” tegasnya.

Sedangkan, diketahui bukan hanya diwilayah dusun Pogem desa Sukadana saja ada aktivitas penambangan, melainkan sudah banyak aktivitas penambangan diwilayah selatan yang ilegal.

“Malah rata-rata dibagian selatan itu ilegal,” tandasnya.

Malah apabila diketahui ada oknum dari Kepolisian yang membeckingi penambangan ilegal. Ia tidak segan-segan akan sikat atau proses.

“Sejauh ini sepengetahuan saya tidak ada,” bebernya.

Anggota Komisi III DPRD Loteng, Supriadi sangat menyayangkan masih terus menjamurnya para penambang ilegal di Loteng. Disatu sisi, pihaknya dari dulu menyerukan agar secepatnya ditindak. Buktinya, kini malah tambah banyak galian C ilegal. Selain itu telah merabah ke wilayah selatan.

“Pemprov jangan tutup mata soal ini. Silahkan ditindak,” tegasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button