Pemerintahan

Tekan Angka Kemiskinan, DPMD Genjot BUMDes

Lombok Tengah, Talikanews.com – Demi ikut andil menekan angka kemiskinan di Lombok Tengah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) terus menggenjot BUMDes.

Salah satunya dengan memberikan pelatihan penggalian potensi usaha yang dilaksanakan menggunakan anggaran tahun 2018.

Kepala DPMD Loteng, Drs, Jalaludin menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan seiring dengan komitmen pemerintah untuk memajukan ekonomi daerah melalui wisata dan lain sebagainya. Termasuk, untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Melalui BUMDes ini, kita harapkan angka kemiskinan bisa menurun dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkan, se-Lombok Tengah sebenarnya sudah terbentuk 106 BUMDes, hanya saja yang aktif saat ini baru mencapai 63 saja dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

“Ini yang mau kami dorong agar semuanya bisa aktif,” lanjutnya.

Lebih jauh, Jalaludin menjelaskan, pihaknya sudah membuat aturan agar masing-masing desa menganggarkan minimal 10 persen dari APBDes sebagai modal usaha bagi BUMDes ini.

Hal ini karena BUMDes diyakini akan bisa meningkatkan PADes yang pastinya akan menjadi salah satu aspek peningkatan taraf hidup masyarakat desa.

“Kalau dari daerah tidak dianggarkan untuk modal usaha, tapi kami beri pelatihan seperti saat ini. Kalau dari pusat, ada bantuan Rp. 25 juta untuk masing-masing BUMDes,” tandasnya. (CR.1-TN)

Related Articles

Back to top button