Daerah

Perbaikan Dam Lantan, Komisi III Butuh 2 Milyar

Lombok Tengah, Talikanews.com – Komisi III DPRD Lombok Tengah akan menggangarkan perbaikan Dam yang berada di desa Lantan. Pasalnya, konsisi Dam tersebut kini rusak parah, apalagi ketika itu kerusakannya disebabkan banjir bandang beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi III DPRD Loteng, H Mayuki merasa prihatin terhadap kondisi Dam tersebut. Karena bukan tanggulnya saja yang rusak. Tapi, jembatannya pun rusak.

Selain itu, untuk mencegah banjir yang terjadi, masyarakat membuat tanggul dari kantung-kantung yang berisi kerikil dan pasir.

“Kalau tidak segera diatasi, bisa-bisa lahan pertanian dan perikanan warga habis,” terangnya.

Sehingga, Komisi III sepakat akan menganggarkan di tahun 2019.

Kemudian, setelah di kroscek dan dikalkulasikan besaran anggaran yang akan dihabiskan untuk rehab, ternyata hanya membutuhkan sekitar Rp 2 miliar.

“Kita tahu sebenarnya itu wewenang BWS NT I NTB. Tapi apa iya, kita akan tunggu setelah lahan pertanian dan perikanan warga habis baru akan dilakukan tindakan,” katanya.

Namun, terhadap persoalan ini pihaknya juga tetap akan berkoordinasi dengan BWS untuk mencarikan solusinya. Sehingga, permasalahan dam Lantan itu bisa teratasi.

“Satu tekad kami, ingin melihat masyarakat tidak khawatir dan gelisah lagi. Apalagi ketika musim hujan tiba, yang dikhwatirkan tanggul itu jebol lagi,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles