Daerah

Pelayanan RSUP NTB Masih Dikeluhkan, Ombudsman Langsung Sidak

Mataram, Talikanews.com – Kalaupun Rumah Sakit milik pemerintah Provinsi NTB, memiliki gedung luas, kamar banyak. Namun, masih dikeluhkan keluarga pasien. Hal itu, menjadi aduan masyarakat ke Ombudsman RI Perwakilan NTB. 

Atas dasar itu lah, Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum Provinsi NTB itu. 

Kepala Ombusman RI Perwakilan NTB, Adhar Hakim menyampaikan, selama ini pengaduan masyarakat terkait pelayanan kesehatan masuk dalam lima besar pengaduan dengan jumlah terbanyak. 

Dalam pelayanan kesehatan tersebut termasuk pelayanan pada rumah sakit. Sementara untuk laporan warga terhadap RSUP NTB selama ini didominasi oleh permasalahan informasi terkait ketersediaan kamar dan tempat tidur.

Oleh sebab itu, diminta kepada RSUP bisa menciptakan inovasi pelayanan yang dinilai sangat strategis oleh semua kalangan termasuk masyarakat luas. Dalam berbagai koordinasi dan komunikasi dengan manajemen RSUP NTB, kata Adhar Ombusman juga menekankan betapa pentingnya membangun terobosan tata kelola informasi terkait ketersediaan tempat tidur.

“Kerja RSUP NTB yang membangun inovasi Bed Management System atau BMS ini, saya apresiasi, ” ungkapnya, Senin (12/3).

Menurutnya, adanya BMS itu, kata dia, publik menggunakan aplikasi yang ada dalam gadget melihat dan mengecek langsung ketersediaan tempat tidur di RSUP NTB. Aplikasi yang dibentuk awal tahun ini, mengantisipasi persoalan informasi pelayanan kamar.

“Sempat sebelum sistim ini dibuat, publik menilai dalam pengelolaan tempat tidur kurang terbuka. Kami selanjutnya menunggu bentuk-bentuk inovasi yang lain dari RSUP NTB,” tambah Adhar.

Terkait hal itu, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUP NTB, Henny Hardini yang menerima kedatangan romongan Ombusman itu mengatakan kerjasama dan koordinasi dengan Ombudsman RI Perwakilan NTB selama ini dirasakan sangat membantu dalam perbaikan pelayanan publik. pihkanya berjanji akan terus memperbaiki pelayanan agar dapat memuaskan masyarakat.

Saat ini, kata Henny RSUP NTB telah masuk dalam kategori Akreditasi Paripurna Rumah Sakit atau masuk level lima pelayanan rumah sakit. Keadaan itu bagi mereka sangat menggembirakan. (TN-04)

 

Related Articles

Back to top button