Daerah

DPMPTSP Loteng Abaikan Perintah KPK

Foto :  Ir H Winarto Kepala DPMPTSP saat diruang kerjanya

 

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lombok Tengah terlihat seakan mengabaikan perintah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait sistem perizinan on line. 

Buktinya hingga kini belum dilaksanakan. Padahal, perintah KPK itu hampir satu tahun lalu, ketika datang ke Lombok Tengah. 

“Kami pasti akan melaksanakan sistem tersebut, sekarang saja kita sedang menata perangkatnya,” ujar Kepala DPMPTSP Loteng, Ir H Winarto diruang kerjanya, Kamis (22/2).

Dijelaskan Winarto, untuk perangkatnya sudah ada, seperti komputer, server dan lainnya. Sehingga, ia berharap April mendatang bisa dioperasikan.

Ketika disinggung, alasan sampai lelet menerapkannya, ia katakan terlebih dahulu pihaknya harus sunding dengan Kabupaten Bandung, karena aplikasinya dapat dari sana. 

“Malah kami sangat menyambut baik sistem tersebut. Apalagi ini arahan dari KPK,” jelasnya.

Tidak hanya itu tambah Winarto, pak bupati juga mengarahkan begitu, agar pelayanan bisa satu pintu. Sehingga, masyarakat maupun investor tidak ribet lagi datang ke kantor. 

“Hanya tinggal buka aplikasinya dan mengurusnya lewat on line langsung selesai, tanpa harus ke kantor,” terangnya.

Tapi, dengan penerapan sistem on line itu tidak akan merugikan dinas, misalnya pemasukkan ke kantong pribadi, seperti issu-issu yang beredar dibawah, bila pakai manual diduga rentan terjadi pungli. Ia tegaskan, walaupun pakai sistem manual tidak ada pungli yang dilakukan. 

Bahkan, setiap pembayaran retribusi dari izin yang diurus masyarakat maupun lainnya, itu pun harus satu pintu melalui bendahara. Lantas darimana akan terjadi pungli. 

“Kami bisa pastikan tidak ada pungli, walaupun pakai sistem manual,” tegasnya.

Sementara, sistem perizinan on line yang akan diterapkan nantinya, hanya untuk pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Selanjutnya baru izin Hotel, izin gerai dan lainnya. 

“Pokoknya semua izin akan dilakukan dengan on line,” pungkasnya. (TN-03)

Related Articles