Daerah

Bandara Lombok Terus Berbenah

Lombok Tengah, Talikanews.com – PT Angkasa Pura  I (AP) Lombok Internasional Airport (LIA) kembali menambah area parkir pesawat atau apron. Tahun 2018 ini sebanyak 8 apron akan dikerjakan.

“Apron sebelah timur sudah mulai persiapan pengerjaan fisik. Untuk sebelah barat sedang proses tender,” ungkap General Manager (GM) I Gusti Ngurah Ardita.

Ardita menjelaskan, penambahan apron ini untuk narrow body (pesawat menengah) dan wide body (pesawat lebar).  Dimana, narrow body ada penambahan delapan titik, empat kiri dan empat kanan atau empat barat dan empat timur. Sedangkan, wide body (pesawat lebar) penambahannya empat titik, dua kiri dan dua kanan. 

“Dengan adanya penambahan ini, jumlah apron menjadi 18 titik,” terangnya.

Kemudian, tidak hanya sampai disitu saja dilakukan pembenahan kata Ardita, disebalah barat juga akan dilakukan pengerjaan taxiway. Bahkan tahun ini dua taxiway akan diperbesar. Sehingga ketika ada pesawat besar masuk sudah tidak ada masalah. Artinya tidak seperti kemarin, ketika ada pesawat besar masuk, pihaknya melakukan mendorongnya terlebih dahulu menuju landasan. 

“Kalau ini sudah jadi, jet tipe 747-400 juga nanti akan bisa masuk,” jelasnya.

Sehingga terang Ardita, kalau sudah ada tambahan satu lagi  runway, maka akan bisa menambah daya tampung peningkatan penggunaan runway. Sekarang masih hanya delapan pesawat perjam yang landas, kalau nanti bisa sampai 11 pesawat per jam. 

“Pokoknya tahun 2019 semuanya sudah bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan,” pungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button