Hukum & Kriminal

Polisi Berhasil Bongkar Sindikat Penduplikat Nomor Mesin

Lombok Tengah, Talikanews.comKomplotan penjahat pencurian sepeda motor (curanmor) kian canggih. Setelah berhasil mencuri sepeda motor, mereka langsung menggarap dengan merubah nomor rangka dan mesin sesuai dengan STNK yang diinginkan.

Kapolres Loteng, AKBP Khililur Rochman mengatakan, kali ini telah menangkap sindikat penduplikat nomor rangka dan mesin dengan tersangka, Sudarmono warga Sereneng Daya, Desa Mertak.

“Kita kenakan pasal 363 dengan ancaman 7 tahun dan 480 ancamanya 4 tahun,” tegasnya.

Sementara, modusnya terang Kholilur, setelah mendapatkan motor hasil curian, tersangka langsung merubah nomor rangka dan mesin dengan cara menggetoknya.

Tapi sebelum menggentoknya, tersangka meminjam STNK di orang lain, untuk ditiru. Setelah berhasil meniru, tersangka menjualnya ke pulau Sumbawa.
Dari hasil penangkapan pihaknya berhasil menyita peralatan ketok rangka dan mesin berupa paku berbagai ukuran serta perlengkapan penghalus hasil ketokan dan STNK.

“Sidikat ini masih kita dalami,” ujarnya.

Sedangkan, Sudarmono mengaku, ilmu atau keahlian dalam merubah nomor rangka dan mesin itu didapatkan di Thailand. Dimana, ketika itu sedang menjadi TKI.

“Perbuatan ini juga baru saya lakukan empat kali,” akuinya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button