Ekonomi

Pasar Seni Akan Dijadikan Mini Mall Sebagai Penyangga KEK

Lombok Tengah, Talikanews.comKeberadaan pasar seni yang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta, Pujut diam-diam akan disulap menjadi mini mall. Itu disebabkan, bangunan yang diperuntukkan untuk pedagang-pedagang asongan yang mengganggu para wisatawan yang ada di roi pantai saat itu, diketahui tidak berfungsi secara optimal. Malah kini dijadikan sebagai tempat tinggal dan segalanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Loteng, H Saman mengatakan, wacana untuk merevitalisasi pasar seni sudah ada. Bahkan, soal persetujuan kerjasama dan pinjaman untuk merevitalisasi sudah jelas. Namun, dengan perusahaan mana, ia tidak tahu.

“Pokoknya tahun ini akan dilakukan persetujuan kerjasama,” terangnya.

Kemudian, soal rencana revitalisasi, ia pun tidak tahu. Pasalnya kata Saman, yang lebih tahu soal teknis adalah Dinas PUPR selaku leading sektornya.

“Kalau konsep bangunan infonya akan dirubah menjadi pasar tipe A atau B. Paling tidak seperti mini mall,” ujarnya.

Alasan dirubah konsepnya jelas Saman, karena di lokasi itu merupakan area penyangga KEK Mandalika. Sehingga, tidak cocok lagi bila masih menjadi pasar seni. Apalagi, produk-produk yang dijual masih terbatas.

“Pokoknya pasar yang bangun tipenya akan dinaikkan, dengan fasilitas, sarana dan prasaran yang lebih lengkap,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button