Daerah

Kades Mencalonkan Diri Kembali Bisa Cuti

Lombok Tengah, Talikanews.comPemilihan Kepala Desa (Kades) serentak di Lombok Tengah rencana akan dilakukan November mendatang. Namun, bagi kades yang masih masa jabatannya hingga Desember mendatang, kemudian ikut dalam perhelatan panggung politik Pilkades, maka dipersilahkan mengajukan cuti.

“Saat ini memang belum diberlakukan cuti, ketika sudah mulai tahap penjaringan baru mengajukan cuti,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Loteng Jalaludin.

Alasan belum berlaku masa cuti juga kata Jalaludin, karena peraturan bupati atas turun dari Perda Nomor 7 Tahun 2017 tentang, perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang, penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan desa masih dalam pembahasan. Baik itu, pembahasan mengenai waktu pelaksaan hingga penetapan calon kades baru.

“Insya Allah Agustus sudah bisa ajukan cuti bagi kades yang akan maju lagi di Pilkades serentak,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Jalaludin secara otomatis akan dijabat oleh Sekdes dan atau abdi negara tertentu, sebagaimana keputusan bupati. Mereka pun akan menjabat sebagai Plt Kades, selama Kades definitif belum dilantik.

Untuk itu, ia berharap dalam pelaksanaan pesta demokrasi berjalan lancar, aman dan tertib. Jika terjadi perbedaan pilihan, jangan dijadikan perpecahan. Tapi, jadikan semua itu ada pendewasaan diri dalam memilih pemimpin.

“Mari kita buat pilkades serentak aman, tertib dan lancar,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button