Daerah

Target Produksi Garam Loteng Tahun 2018, 4 Ribu Ton

Lombok Tengah, Talikanews.comPemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) optimis tahun ini hasil produksi garam bisa mencapai target. “Asalkan iklim mendukung. Kami optimis bisa mencapai target,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Loteng, Kamrin di pendopo Bupati Loteng, Kamis (18/1).

Apalagi, saat ini petani sudah terbantu dengan adanya alat geo isolator. Dimana, alat itu merupakan bahan untuk melapisi meja kristalisasi tanah pada proses pembuatan garam. Tujuannya untuk bisa meningkatkan produksi garam.

“Hanya saja alat itu baru diterapkan di 11 hektar dari total luas lahan produksi garam sebanyak 54 hektar,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap total luas lahan 54 hektar itu bisa dipakaikan semua geo isolator, sehingga target produksi tahun ini sebanyak
4 ribu ton bisa tercapai. Artinya, kita juga tidak mau terulang kembali seperti tahun 2017, dimana capaian target produksi garam tidak bisa tercapai. Dari 3.300 ton, hanya yang tercapai sebanyak 1.600 ton atau sekitar 52 persen.

“Memang ketika itu disebabkan faktor iklim yang tidak menentu,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia pula berharap tahun ini iklim bisa normal, sehingga petani bisa memproduksi garam. “Mei petani sudah mulai memproduksi garam,” jelasnya.

Kemudian, jumlah petani garam kita saat ini telah berkurang. Dari jumlah sebelumnya sebanyak 200 orang, kini tersisa hanya 100 orang. Hal disebabkan, kebanyak dari mereka telah pindah profesi ke yang lain.

“Paling banyak di Kidang dan Bilelando, Praya Timur,” pungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button