Kampung Wisata Halal “Kangkung” Karang Jangkong Diresmikan

Mataram, Talikanews.com – Provinsi NTB, selain dikenal daerah seribu masjid juga dikenal makanan yang khas ditambah predikat wisata halal. Dasar itu lah, masyarakat jalan merpati Karang Jangkong Mataram, membuat kampung wisata halal “Kangkung” yang diresmikan Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, Kamis (10/1).

Amin menegaskan Wisata halal bukan hanya soal halal haramnya makanan, tapi juga bagaimana perilaku menerima konsumen atau wisatawan yang berkunjung ke daerah. Dia sangat mendukung kelompok Darwis (sadar wisata) yang telah menggagas pusat kegiatan kampung wisata halal “Kangkong” di lingkungan Karang Jangkong Kota Mataram yang menyajikan beragam produk industri kerajinan rakyat, produk seni budaya dan kuliner.

“Semoga kampung wisata halal itu akan dapat menjadi inspirasi dan motivator bagi lingkungan lainnya dalam memajukan wisata halal di seluruh wilayah NTB. Terutama menjadi pilot project dalam meningkatkan kreativitas seni budaya dan kuliner khas daerah dalam mendukung perkembangan pariwisata halal kedepannya,” ungkap dia.

Amin berpesan agar kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan untuk masa yang akan datang. Menurut Amin dengan berkembangnya sektor pariwisata maka akan membuat semua sektor lainnya akan ikut bergerak dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyakat. “Kegiatan seperti sekarang ini saya lihat sangat strategis,” ujarnya.

Dia mengaku, besarnya berkomitmen bersama dalam memajukan industri pariwisata NTB, kini telah menunjukkan hasil nyata, berupa pertumbuhan industri pariwisata di NTB mengalami kenaikan sebesar 22 persen.

“Hebatnya, kampung wisata halal ini menyusahkan khas makanan sasak mulai dari olah-olah, jangan kelaq ares, sate pusut sampai jajanan pasar dijajakan disepanjang jalan merpati Karang Jangkong,” paparnya.

Disatu sisi, salah seorang anggota DPD RI perwakilan NTB, Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi, S.H berharap hal-hal kreatif dan bermanfaat seperti ini dapat didukung penuh oleh pemerintah daerah.
Dia mengaku, sangat senang menghadiri acara yang bermanfaat dan kreatif seperti ini karena kegiatan ini bisa kita lihat sebagai bentuk nyata partisipasi masyarakat membantu pemerintah mewujudkan kemajuan disektor pariwisata. Oleh sebab itu, meminta ibu-ibu kreatif yang ada dilingkungan karang jangkong bisa menularkan kegiatan ini kepada generasi muda agar kegiatan ini dapat terus berlanjut.

” Saya berharap pemerintah daerah kita dan stakeholders terkait akan terus mendukung kegiatan baik ini,” harapnya.(TN-04)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button