Sosial

Galian C Tanah Beak Di Soal Warga

Lombok Tengah, Talikanews.com – Puluhan warga Desa Tanak Beak Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah menggelar unjuk rasa di kantor desa setempat, Selasa (12/12/2017).

Warga menuntut pemerintah desa segera menutup tambang galian C seluas 70 Are yang dikhawatirkan mengganggu irigasi sawah.

“Kami minta aparat desa segera menutup tambang galian C yang ada di Desa Tanak Beak, ” Ujar Junaidi salah seorang warga yang ikut aksi.

Selain itu, Junaidi menjelaskan bahwa penambangan galian C di Desa Tanak Beak belum memenuhi syarat perijinan dari segi dampak lingkungan dan tata ruang.

Sementara menurut Maknun Kades Tanak Beak, bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah desa berdasarkan hasil kesepakatan dengan seluruh kadus dimana tanah pecatu desa seluas 70 are yang saat ini sebagai lokasi galian C nantinya akan dimanfaatkan untuk pariwisata.

” Lokasi galian C seluas 70 are tersebut rencananya akan dibuat embung desa dan sebagian untuk kolam renang pariwisata, ” terangnya.

Terkait ijin galian C tersebut, menurut Maknun, sudah lengkap persyaratan mulai dari tekhnisi dan cara mengelola embung. (TN-00)

Related Articles