Sosial

Suami Usnawati TKW Suriah Mengadu ke Disnakertrans

Lombok Tengah, Talikanews.comBelum ada kepastian kepulangan Usnawati tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Tunjang, Desa Persiapan Tunjang Sari, Batukliang, yang dikirim ke Suriah membuat suaminya geram. Sehingga, suami Usnawati, Zaenal Arifin melaporkan perusahaan dan tekong yang mengirim istrinya ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Loteng.

Kembali Zaenal Arifin menjelaskan terkait pemberangkatan istrinya. Dimana, ketika itu tekong menjanjikan akan diberangkatkan ke Arab Saudi, tapi nyatanya istrinya dikirim ke Suriah.

“Setiap kali menelpon istri saya selalu menangis dan minta tolong untuk dipulangkan,” jelasnya.

Pasalnya, terang Zaenal di hadapan sekretaris Disnakertrans Loteng, Raden Mulyantoro yang menerimanya ketika itu, istrinya selalu minta pulang, karena tidak betah. Apalagi, setiap hari selalu mendengar suara bom. Atas keluhan istrinya itulah membuat pihaknya datang juga ke Disnakertrans. Selain pihaknya terus mendesak pihak tekong yang mengirim istrinya itu untuk secepatnya dipulangkan.

Baca juga : Nasib TKW Usnawati, Dijanjikan Kerja Ke Arab Saudi Tapi Dikirim Ke Suriah

“Kami terus intens meminta tekong secepatnya memulangkan istri saya, tapi hingga kinbi hanya janji-janji saja,” terangnya.

Dari laporan Zaenal Arifin itu pihak Disnakertrans akan langsung menyerahkannya ke BP3TKI.

“Kami akan lakukan koordinasi dengan BP3TKI atas persoalan ini,” ungkap Raden Mulyantoro.

Namun, karena belum jelas perusahaan yang memberangkatkannya, pihaknya sarankan Zaenal untuk melapor ke Polisi. Tapi laporan ke Polisi itu melaporkan tekongnya, karena Zaenal hanya tahu tekong yang memberangkatkan istrinya.

“Dengan dilaporkan tekongnya otomatis akan ketahuan perusahaan yang memberangkatkannya itu,” terangnya.

Sehingga, setelah ditahu perusahaan yang memberangkatkannya itu, akan memudahkan pihaknya melacak keberadaan dari perusahaan tersebut. Dan mendesaknya untuk memulangkan Usnawati.

“Kita akan membantu permasalahan yang dialami Zaenal, walaupun istrinya itu berangkat lewat non prosudural,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button