Daerah

Dokumen Rencana Tindak Darurat Bendungan Batujai dan Pengga Dibuat

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Provinsi NTB telah menyusun dokumen rencana tindak darurat (RTD) terhadap dua bendungan yang ada di Loteng, yakni bendungan Batujai di Desa Batujai, Praya Barat dan bendungan Pengga desa Pelambik, Praya Barat Daya.

“Ini dilakukan untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi bila bendungan jebol hingga mengakibatkan banjir,” kata Kepala BPBD Loteng, H Muhammad.

Apalagi, bendungan batujai diketahui memiliki kontruksi bangunan yang tergolong cukup lama. Tapi, dari hasil pengamatan, pemeriksaan dan keadaan terkini dari bedungan, bendungan Batujai dinyatakan dalam kondisi aman atau normal. Belum ditemukan penyimpangan pada pembacaan peralatan intrumen bendungan.

Baca juga : Empat Bendungan di NTB Masuk Nominasi Pemilihan UPB dan OP 

“Dokumen RTD ini memang sifatnya hanya kontigensi,” terangnya.

RTD dibuat terang Muhammad, sebagai panduan dan atau petunjuk dalam memutuskan suatu tindakan jika terjadi situasi darurat akibat banjir akibat dampak dari jebolnya bendungan.

“Tujuannya adalah sebagai panduan dalam melakukan tindakan saat terjadi keadaan darurat bendungan,” jelasnya.

Dimana, dalam RTD pun telah jelas ditunjuk titi-titik lokasi evakuasi, bila terjadi banjir di dua bendungan tersebut.

“Kami sudah lakukan sosialisasi terhadap dokumen RTD di sejumlah desa yang terdampak dari dua bendungan itu,” pungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button