Daerah

Jumlah Warga Miskin Loteng Diprediksi Bertambah

Lombok Tengah, Talikanews.comDinas Sosial (Dinsos) Lombok Tengah kini sedang melakukan verifikasi dan validasi data penduduk miskin di Lombok Tengah. Kini tercatat sekitar 500.000 jiwa tergolong masih miskin.

Kepala Dinas Sosial Lombok Tengah Hj Baiq Sri Puji Astuti menjelaskan, verifikasi dan validasi data yang dilakukan ini untuk mengetahui data terbaru jumlah warga miskin di Lombok Tengah.
Karena, sebelum-belumnya masih menggunakan data tahun 2015.

“Kini pun kita menggunakan basis data terpadu (BDT),” ungkapnya.

Kemudian kata Sri, hasil data BDT itu akan dikirim langsung ke pemerintah pusat untuk dilakukan peringkingan. Dari hasil peringkingan itulah nanti yang akan menentukan jumlah warga miskin kita. Tapi, pihaknya prediksikan akan bertambah jumlah warga miskin kita, karena dilihat dari jumlah variabel atau indicator dari warga miskin.

“Kalau dulu hanya 21 variabel katagori miskin, sekarang naik menjadi 26 variabel,” terangnya.

Namun, untuk saat ini pihaknya belum bisa menuntukan apakah ada penambahan warga miskin kita atau tidak. Karena sampai saat ini pihaknya masih melakukan pendataan.

“Insya Allah datanya bisa clear dipertengahan Desember sesuai dengan hasil kesepakatan dari tim BDT,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles