Sosial

Babinkamtibmas Bagu Dianggap Tak Sejalan Dengan Perangkat Desa

Lombok Tengah, Talikanews.com – Sejumlah masyarakat desa Bagu, Pringgarata Loteng menolak Bhabinkamtibmas yang ditempatkan didesanya. Karena mereka menilai Bhabinkamtibmas yang ditugaskan Kapolres Loteng tidak becus menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) dalam membina masyarakat.

Kepala Desa Bagu, Agus Samsilaturrahman menjelaskan, kedatangannya beserta unsur BKD dan masyarakat ke Polres untuk memita pak Kapolres mengganti Bhabinkamtibmas yang sekarang. Karena mayarakat menilai Bhabinkamtibmas sekarang tidak beres menjalankan tupoksinya dalam membina masyarakat.

Malah dia (Bhabinkamtibmas) kebanyakan lebih banyak membina di dua dusun, yakni dusun Bagu Barat dan Bagu Timur. Bahkan untuk menjalankan Kamtibmas (ronda), dia (Bhabinkamtibmas) lebih sering di dua dusun itu.

“Ini yang menjadi pertanyaan masyarakat kenapa dua dusun itu sana dibina,” terangnya.

Bahkan, setelah dibina olehnya (Bhabinkamtibmas), kini kadus di dua dusun itu malah membuat jarak dan tidak bisa nyambung dengan kadus-kadus lain yang ada di desa Bagu, ketika dilakukan sebuah kegiatan di desa Bagu.

“Tidak hanya itu, dia juga tidak nyambung dengan BKD,” ujarnya.

Padahal, seharusnya dia (Bhabinkamtibmas) akan membina BKD tersebut. Bukanya malah membuat BKD itu saingan. Tapi harus dirangkul dan dibina. Apalagi, BKD itu merupakan dibawah binaan dari Polres Loteng.

“Pokoknya Bhabinkamtibmas yang sekarang ini tidak nyambung, apalagi dengan pemerintahan desa,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pak Kapolres untuk secepatnya menggantikan dia (Bhabinkamtibmas). Bila perlu dalam jangka waktu 10 hari sudah ada penggantinya.

“Kalau ini tidak cepat diatasi, saya tidak tahu seperti apa reaksi dari masyarakat nanti,” tegasnya.

Tapi, setelah mendengar keterangan pak Wakapolres Loteng, Kompol Lalu Salehuddin, ia dapat simpulkan sudah rampung. Tinggal menunggu keputusan dari pak Kapolres. Karena, saat itu pak Kapolres lagi diluar daerah, sehingga pak Wakapolres tidak bisa mengambil kebjikan.

Sementara, Wakapolres Loteng, Kompol Lalu Salehuddin ketika usai menerima kedatangan sejumlah masyarakat Bagu mengatakan, pihaknya telah menampung semua aspirasi masyarakat Bagu. Dan tim juga sudah turun melakukan kroscek terhadap kebenaran yang disampaikan oleh masyarakat. “Intinya kita sudah menampung aspirasi masyarakat,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button