Daerah

Nambung Masuk Lobar Dinilai Keputusan Sepihak Sekda : Belum Terima SK Mendagri

Lombok Tengah, Talikanews.com -Keputusan Mendagri RI terhadap status wilayah Nambung yang menetapkan masuk Kabupaten Lombok Barat dinilai keputusan sepihak. Sehingga Nambung dinilai belum milik Pemerintah Lobar. Itu dikarenakan, Pemerintah Kabupaten Loteng merasa tidak pernah diundang dalam menentukan kesepakatan soal Nambung.

Sekda Loteng, H Nursiah mengaku hingga kini belum menerima surat keputusan dari Mendagri soal status wilayah Nambung masuk Loteng atau Lobar.

“Kalau itu betul, kita akan menyampaikan permohonan proses kembali, alasan pemerintah pusat menetapkan Nambung masuk wilayah Lobar,” terangnya.

Namun kembali Nursiah tegaskan hingga kini pihaknya belum menerima surat keputusan dari Kemendagri. Seadainya pun itu benar, itu merupakan keputusan sepihak. Karena, sesuai janji Kemendagri dalam menentukan kesepakatan akan diundang dan duduk bersama dalam menentukan sikap. Tapi, faktanya hingga kini belum ada panggilan maupun undangan dari pemerintah pusat.

“Ini persoalan antar daerah, keputusan apa pun yang terjadi harus duduk bersama. Itu etikanya,” terangnya.

Kemudian, terkait dengan sikap Pemerintah Loteng terhadap persoalan ini, bila itu benar Nambung masuk Lobar, pihaknya akan mempertanyakan hal tersebut ke pemerintah pusat. Sementara seperti apa respond dan jawaban dari pemerintah pusat nanti, baru pihaknya akan ambil sikap.
Ketika disinggung, apakah akan melakukan gugatan, ia katakan akan melihat respond dan jawaban dari pemerintah pusat dulu.

“Kita lihat dulu jawaban pemerintah pusat, baru kita bersikap,” ujarnya.

Harus diketahui juga kata Nursiah, secara peta Nambung masuk wilayah Loteng, baik secara historis, letak wilayah dan peta tematik, Nambung itu masuk Lombok Tengah. Jadi terhadap SK tersebut pihaknya akan pertanyakan kembali.

“Sejauh ini kita tunggu SK nya dulu, baru kita beraksi,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button