Daerah

Calo Masih Gentayangan di Dukcapil

Kantor Disdukcapil Praya

Lombok Tengah, Talikanews.comKepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Tengah (Loteng), HM Darwis mengaku masih banyak calo yang mengambil kesempatan dalam kepengurusan kependudukan warga. Tapi, itu tidak bisa dicegah, karena masyarakat yang memanfaatkan jasa mereka untuk mengurus dokumen kependudukannya.

Selain itu, masyarakat juga maunya instan, tidak mau repot, padahal bila mengurus sendiri relatif mudah dan gratis, tanpa ada sepeserpun uang yang dikeluarkan.

“Kita disini tidak memungut biaya, baik dalam kepengurusan KTP, KK sampai akta kelahiran,” terangnya.

Prosesnnya pun tidak membutuhkan lama, asalkan persyaratannya sudah lengkap, maka akan dilayanai dengan cepat pula. Tapi, ia tidak tahu kenapa sejauh ini masyarakat masih senang menggunakan jasa calo. Padahal, mereka pasti akan mengeluarkan biaya.

“Terus terang kami tidak bisa berbuat terhadap persoalan ini,” ujarnya.

Karena, pihaknya sudah sering kali memberikan himbauan dan arahan. Selain itu, berbagai langkah dilakukan untuk menghindari calo, seperti melakukan perekaman keliling ke setiap dusun dan desa. Terus membuka stand di Mandalika Expo. Semua ini dilakukan unruk mencegah calo dalam kepengurusan dokumen kependudukan.

“Asalkan datang membawa persyaratan lengkap, pasti kita urus dan jadi. Dan tidak mungkin kita tolak dan menyusahkan masyarakat,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button