Daerah

Wabup Minta Stop Impor Ternak, Utamakan Peternak Lokal

Lombok Tengah, Talikanews.com – Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri meminta kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Loteng untuk menghentikan pembelian ternak dari luar, baik itu, sapi, kambing maupun ayam. Karena ternak yang dimiliki peteranak kita tidak jauh lebih baik dan berkualitas dengan ternak dari luar.

“Sebaiknya utamakan peternak lokal kita,” kata Lalu Pathul Bahri.

Apalagi, sejauh ini ia melihat setiap pengadaan ternak, selalu didatangkan dari luar, entah itu dari Jawa maupun Bali. Disatu sisi, ternak kita sama berkualitasnya dengan dari luar. Tidak hanya itu, ternak kita juga cukup banyak yang bisa diperdayakan.

“Kalau beli diluar juga, belum harganya mahal. Jika beli di daerah Insya Allah akan berbeda harganya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya menyarankan mulai dari sekarang agar kelompok tani ternak untuk menyiapkan diri guna memperbanyak produksi ternaknya. Sehingga kedepan, setiap ada pengadaan ternak, pemerintah bisa beli langsung ternak daerah, tanpa harus membeli dari luar.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peteranakan Loteng, Lalu Iskandar mengatakan, apa yang menjadi himbauan dan arahan yang disampaikan pak wabup sangatlah tepat. Karena kalau kita lihat kondisi di Loteng, sudah banyak sekali kelompok ternak kita yang memiliki kambing dan itu pun tidak jauh beda jika dibandingkan dengan kambing PE yang datang dari Jawa. Sehingga konsepnya kedepan, pihaknya akan melakukan pemberdayaan kepada kelompok tani, dengan membeli kambing mereka, termasuk kambing peranakan etawa.

“Memang kalau sekarang kita masih total datangkan ternak dari luar,” ungkapnya.

Namun tahun 2018, ia janji akan stop pembelian ternak dari luar. Sehingga, saat ini pihaknya anjurkan kelompok ternak untuk terus memperbanyak produksi ternaknya. Salah satu caranya dengan mengganti ternak yang sudah lama dengan ternak yang baik dan bagus. Semua ini dalam rangka memperbaiki kualitas ternak kita.

“Intinya tahun 2018 kami akan stop impor ternak,” pungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button