Daerah

Wabup Loteng Janji Beli, Juara I Kontes Kambing

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Loteng ke-72, puluhan peternak kambing di 12 kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah ikut meramaikan acara kontes ternak yang digelar di Mandalika Agricultural Expo Sholah Sholeh Sholoh (3S) di eks PTP Puyung.

Para kontestan akan memperebutkan juara I, II dan III dari berbagai kategori yang dilombakan dalam kontes itu. Namun, bagi juara I dalam kontes itu, kambingnya akan dibeli Wakil Bupati Loteng, Lalu Pathul Bahri.

“Siapa yang paling bagus dan juara I ternaknya, saya akan beli,” kata Lalu Pathul Bahri saat membuka kontes ternak kambing di eks PTP Puyung, Senin (23/10).

Sementara kontes ternak ini terang Pathul Bahri, salah satu langkah untuk memotivasi peternak untuk memproduksi dan mengembangkan ternak bibit yang berkualitas dan unggul. Sehingga, kedepan pengedaaan ternak diupayakan supaya tidak mengambil ternak dari luar.

“Kalau bisa kita tidak usah datangkan ternak dari luar, kita perdayakan ternak kita di daerah saja,” terangnya.

Selain itu, tujuan diadakan kontes ini untuk memberikan spirit kepada semua peternak, agar kedepan bisa menghasilkan bibit ternak yang unggul dan produktif.

“Kontes ternak ini juga sebagai ajang silaturahmi dan tukar pendapat menambah wawasan bagi peternak,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Loteng, Lalu Iskandar mengatakan, penilian dilakukan dua tahap, masing-masing kecamatan mengajukan beberapa calon untuk setiap kategori dan dilakukan penilaian, selanjutnya dipilih yang terbaik untuk mewakili kecamatan masing-masing. Sehingga dalam kontes ini diikuti oleh 45 ekor kambing.

“Juri diambil dari unsure akademisi dari Universitas Mataram, Dinas Peternakan Provinsi NTB, organisasi asosiasi peternak kambing,” terangnya.

Selain itu, dalam kontes ternak yang diadakannya, bukannya hanya kontes ternak kambing saja, melainkan kontes ternak sapi juga. Namun, untuk kontes ternak sapi akan diadakan besok (hari ini red) di eks PTP Puyung.

“Diprediksi yang akan ikut sekitar 120 ekor sapi,” katanya.

Sementara, jenis dan kategori kontes yang digelar yakni, kambing jenis PE Pejantan dan kambing PE betina. Sedangkan, sapi jenis sapi Bali calon pejantan, sapi Bali calon induk, sapi Bali pejantan, sapi Bali Induk dan exotic atau cross Breed.

“Semoga dari hasil kontes ternak sapi Bali kali ini mendapatkan juara yang dianggap layak oleh Balai Inseminasi Buatan Daerah untuk menjadi pejantan unggul untuk diambil semen (Mani Beku) nya atau straw untuk di distribusikan ke seluruh wilayah NTB,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button