Daerah

Karutan Kelas II B Praya Di Jabat AA Gde Ngurah Putra

Lombok Tengah, Talikanews.com -Kepala Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Praya, Dr. H. Lalu Jumaidi SH. MH kini telah diganti dengan Anak Agung Gde Ngurah Putra.

Dengan telah dilakukan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah, Dr. H. Lalu Jumaidi SH. MH dan Anak Agung Gde Ngurah Putra menggelar pisah sambut dan serah terima jabatan dengan ditandai penandatangan berita acara serah terima di halaman Rutan kelas II B Praya, Senin (16/10).

Sementara, Dr. H. Lalu Jumaidi SH. MH kini mendapatkan promosi jabatan di LPKA (Lapas Anak) Karang Asem Bali. Dalam kesempatan itu pula, Lalu Jumaidi menyampaikan kesan dan pesannya, baik kepada Karutan baru dan semua karyawan Rutan Praya. Dimana, selama bertugas di Rutan II B Praya sejak 15 juni 2016, ketika itu ia merasa terkejut karena tidak ada progress yang dikerjakan. Namun, saat itu pula, ia langsung mengajak semua pegawai bekerja bersama untuk membangun dan mengembangkan Rutan Praya menjadi lebih baik.

Karutan-II-B-Praya-2

Terbukti, di Rutan Praya kini sudah mulai ada perubahan. Walaupun masih banyak sebenarnya Pekerjaan Rumah (PR) yang belum dilaksanakan. Untuk itulah, pihaknya berpesan kepada Karutan baru dan pegawai di Rutan Praya untuk tetap semangat dan terus bekarya demi kemajuan Rutan Praya.

“Saya titip Program kepada Karutan, setiap Senin, Rabu dan Jum’at ada kegiatan rutin dari warga binaan untuk membaca ayat suci Al Qur’an. Dan binalah warga binaan dengan baik dan rangkum mereka seperti keluarga kita sendiri,” pesannya.

Sedangkan, jumlah warga binaan yang ada di Rutan Praya sebanyak
400 penghuni. Kemudian, selama ini tidak ada warga binaan yang telah kabur maupun lari dari tahanan. Karena pada intinya binalah meraka dengan baik dan bagus, anggap mereka keluarga kita.

“Kini di rutan sudah diterapkan penjara tanpa terali. Bahkan rutan sudah berubah menjadi semi pondok pesantren,” terangnya.

Sementara, Kepala Rutan baru Anak Agung Gde Ngurah Putra menjelaskan biografinya, dimana pertama kali ia bertugas di Kupang selama 7 tahun, selanjutnya pindah ke Mataram pada tahun 1999-2014, kemudian dipindah ke Denpasar dan selama dua tahun kembali lagi ke Mataram, tapi kini di Rutan Praya.

“Saya hanya berpesan kepada para karyawan agar tetap terjaga administrasi dan situasi yang sudah dikerjakan oleh Ka Rutan lama. Dan pada prinsipnya mari kita bekerja sesuai SOP atau sesuai perundang-perundangan yang berlaku,” singkatnya.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham NTB Dading Mulyadi mengatakan, Kepala Rutan lama Lalu Jumaidi kini mendapat promosi jabatan di LPKA (Lapas Anak) Karang Asem Bali. Jabatan di LPKA merupakan promosi jabatan untuk jenjang jabatan yang lebih tinggi.

“Semoga di tempat baru bisa mengemban amanah dengan baik. Begitu pula, Kepala Rutan baru bisa mengemban amanah dengan baik pula,” pungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button