DaerahKuliner

Woooow…. Ada Kuliner Arab di Lombok Tengah

Lombok Tengah, Talikanews.com – Di Praya Lombok Tengah ternyata terdapat kuliner Arab dan salah satunya makanan khas yang di sajikan adalah Sambosa. Mungkin dari namanya saja sudah terdengar sangat asing sekali di telinga kalangan warga Lombok, apalagi rasanya. Dan saat ini Talikanews.com akan mencoba masakan negeri Arab tersebut.

Harganya cuma Rp 10 ribu, untuk dua buah Sambosa berbentuk segi tiga dan perlu diketahui, isinya terdapat sayur mayur seperti, kentang, wortel, kecambah dan biji kacang. Kemudian, ada daging sapi atau daging kambing. Tinggal dipesan sesuai selera saja. Bumbunya khas, lidah ini pun baru merasakannya. Kecuali, pedasnya yang menusuk, benar-benar pedas.

“Memang inilah kuliner Arab. Jadi, tidak perlu ke Arab untuk merasakannya,” ujar Harun Muchela, pemiliki Kedai Barakah.

Pemilik-Kedai

Sejumlah warga dan pelanggan, kata Habib-panggilan akrabnya- rata-rata penasaran dengan masakan Arab. Khususnya, kuliner Sambosa. Kalau di negaranya, masakan tersebut sudah menjadi makanan sehari-hari, harganya pun mahal.

Selain di Gumi Tatas Tuhu Trasna ini, beber Habib masakan Arab juga, bisa dijumpai di Kota Mataram. Hanya saja, kebanyakan warga takut menggunakan daging kambing. Alasannya, takut darah tinggi atau kolesterol.

“Padahal, itu tidak ada. Buktinya, kami sehat-sehat saja,” katanya sembari tersenyum.

Kedai Barakah milik Habib itu sendiri, dikelola keluarga. Yang memasak masakan Arab pun, keluarganya sendiri. Kedai tersebut berdiri sejak sembilan bulan, buka setiap hari dari pukul 14.00 Wita- 23.00 Wita. Kecuali, hari-hari libur.

Selain kuliner Arab, ditempat itu ada juga masakan nusantara dan daerah, ada kentang keju, nugget, crispy sosis keju, resoles, beraneka macam roti, nasi kornet, nasi sarden, nasi campur dan minuman ringan lainnya.

“Ada juga shisha, bagi penghobi rokok,” kata Habib. (TN-01)

Related Articles

Back to top button