Hukum & Kriminal

TNI, Polri Dan Jaksa Berikan Penyuluhan Hukum ke Siswa

Lombok Tengah, Talikanews.com -Pendidikan kesadaran hukum pada siswa sangatlah penting, apalagi tingkat emosional siswa-siswi khususnya ditingkat SMA saat ini masih labil.

Banyak contoh kasus dan pelakunya tidak lain siswa yang masih duduk di bangku SMA. Atas persoalan ini, UPTD Layanan Dikmen dan PK-PLK Loteng menggandeng Polisi, Jaksa dan TNI untuk memberikan penyuluhan hukum kepada siswa-siswi di sekolah-sekolah.

Kepala UPTD Layanan Dikmen dan PK-PLK Loteng, HL Basri mengatakan, pihaknya tidak pungkiri cukup banyak siswa-siswi yang terjerat dengan persoalan hukum. Tapi, semua itu disebabkan ketidakpahaman meraka soal hukum. Oleh sebab itulah, pihaknya menggandeng Polisi, Jaksa dan TNI dalam rangka memberikan penyuluhan hukum.

“Ini sudah berjalan,” terangnya.

Dimana, Polisi dengan programnya Polisi Go To School. Dimana, para polisi memberikan penyuluhan tentang berlalu lintas yang baik, narkoba dan penyuluhan hukum lainnya. Kemudian, Kejaksaan dengan programnya Jaksa Masuk Sekolah (JMS) terkait informasi hukum. Sementara, TNI dengan materi yang diberikan yakni wawasan kebangsaan.

“Tujuan program ini tidak lain untuk memberikan pemahaman soal hukum dan memberikan pembinaan karekter kepada siswa,” ujarnya.

Menurutnya, penyuluhan hukum ini memang sangatlah penting dilakukan, karena melihat fenomena yang terjadi dan terus berkembang di daerah. Apalagi kini, telah muncul namanya PCC jenis narkotika baru. Sehingga untuk mengantisifasi semua diperlukan pembinaan hukum.

Tapi, dalam memberikan pemahaman dan pembinaan kepada siswa, tidak cukup dengan hanya pembinaan dari pihak aparat penegak hukum. Tapi peran serta orang tua dan masyarakat di sekililingnya pun diperlukan dalam memberikan pemahaman dan pembinaan kepada anak-anak kita.

“Ini tanggungjawab kita semua dalam memberikan pembinaan dan pemahaman kepada anak-anak kita,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button