Puskesmas Darek Mulai Berbenah

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Darek, Kecamatan Praya Barat Daya terus melakukan pembenahan dalam menghadapi akreditasi yang akan di gelar awal bulan November mendatang. Hal ini terlihat dari persiapan yang dilakukan saat ini sudah cukup maksimal.

Kepala Puskesmas Darek, H Munawar mengatakan, dalam menghadapi akreditasi pihaknya sejak awal telah mulai melakukan tahapan pembenahan dari segala bidang, mulai dari penataan ruangan, pembenahan manajemen dan administrasi, peningkatan pelayanan terhadap pasien dan memberikan kesadaran kepada masyarakat pola hidup sehat.

“Persiapan hampir 70 persen,” terangnya.

Namun, hingga November mendatang pihaknya optimis semua persiapan bisa terwujud secara maksimal. Sehingga Puskesmas Darek bisa meraik akreditas, walaupun itu akreditas dasar.

“Kita berharap bisa dapat lebih,” ungkapnya.

Dalam hal ini juga pihaknya sangat mengapresiasi atas dukungan pemerintah dan masyarakat yang telah memberikan dukungan, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita berharap juga akreditas berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga ada yang menjadi harapan masyarakat Darek bisa terwujud dalam memberikan pelayanan yang baik,” ujarnya.

Kemudian, dalam memberikan pelayanan yang baik dan maksimal tidak hanya sampai sebatas setelah mendapatkan akreditas saja. Tapi pihaknya akan terus memberikan pelayanan yang baik, walaupun telah dilakukan akreditas. Karena, kalau pihaknya tidak memberikan pelayanan yang maksimal, maka pemerintah pusat akan mencabut akreditas tersebut.

“Pokoknya sebelum dan setelah akreditas kami tetap akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan Loteng, H Mutawalli mengatakan, penilaian itu bukan sekedar untuk mendapatkan sertifikat akreditasi saja, tetapi untuk sistem penyelenggaraan pelayanan yang terpogram dalam penerapan manajemen.
Kemudian, untuk saat ini saja ada 5 puskesmas yang menjalani akreditasi, diantaranya Puskesmas Kopang, Mantang dan Sengkol sudah melakukan penilaian September 2017.

Sedangkan Oktober yang akan melaksanakan akreditas, Penujak, Batunyala dan Pringgarata. Untuk November, Darek, Aik Darek dan Ubung.  

“Tahun 2018 ada 9 puskesmas dan  2019 semua puskesmas di Loteng sudah terakreditasi semuanya,” terangnya.

Mutawalli katakan, proses akreditasi tersebut sebagai bentuk untuk mewujudkan amanah Pemerintah Pusat yang tertuang dalam Permenkes. Dimana, Pemerintah Pusat sebelumnya telah menargetkan semua Pukesmas harus menjalani akreditasi hingga tahun 2021, karena akreditasi merupakan syarat mutlak bagi setiap Pukesmas agar bisa bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam melaksanakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Pukesmas itu garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan pada warga dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif. Jadi, untuk mencapai derajat kesehatan yang tinggi dan optimal, tentu semua Pukesmas harus melaksanakan manjemen yang baik,” pungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button