Daerah

Lima Puskesmas Jalani Akreditasi

Lombok Tengah, Talikanews.com – Setelah tiga puskesmas mendapat akreditasi dari Komisi Akreditasi Nasional Kementerian Kesehatan, kini lima Puskesmas di Loteng kembali menjalani akreditasi untuk pembinaan dan peningkatan mutu dan kinerja melalui perbaikan system manajemen.

Sekretaris Dinas Kesehatan Loteng, H Mutawalli mengatakan, penilaian itu bukan sekedar untuk mendapatkan sertifikat akreditasi saja, tetapi untuk sistem penyelenggaraan pelayanan yang terpogram dalam penerapan manajemen.

Ia katakan, lima Pukesmas yang dilakukan penilaian oleh tim Suverior Kemenkes tersebut di tahun 2017, meliputi Puskemas Mantang, Batunyala, Pringgarata, Sengkol dan Penujak. Kemudian, Dikes juga akan melakukan akreditasi terhadap 9 puskesmas di tahun 2018.

“Intinya tahun 2019 semua Puskesmas di Loteng sudah terakreditasi semuanya,” terangnya.

Mutawalli katakan, proses akreditasi tersebut sebagai bentuk untuk mewujudkan amanah Pemerintah Pusat yang tertuang dalam Permenkes. Dimana, Pemerintah Pusat sebelumnya telah menargetkan semua Pukesmas harus menjalani akreditasi hingga tahun 2021, karena akreditasi merupakan syarat mutlak bagi setiap Pukesmas agar bisa bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam melaksanakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Pukesmas itu garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan pada warga dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif. Jadi, untuk mencapai derajat kesehatan yang tinggi dan optimal, tentu semua Pukesmas harus melaksanakan manjemen yang baik,” pungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button