Daerah

Klinik di Lombok Tengah Belum Punya Incinerator

Lombok Tengah, Talikanews.com – Hingga saat ini tidak ada satupun klinik di Lombok Tengah memiliki incinerator medis atau alat pengolahan sampah klinik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Loteng, Lalu Rahadian mengatakan, sampai saat ini belum ada satu pun klinik di Loteng mempunyai incinerator. Tapi, walaupun mereka belum mempunyai alat tersebut, Insya Allah semua klinik aman dari limbah biologi yang ada di klinik.

Karena proses pengelohan limbah mereka bekerjasama dengan salah satu perusahaan yang khusus menangani pengelohan sampah klinik.

“Sejauh ini pun belum ada ditemukan limbahnya yang keluar dan mengganggu lingkungan,” terangnya.

Bahkan, klinik juga memiliki safety box sebagai tempat pembuangan alat-alat medis yang tidak digunakan lagi. Selain itu, limbah-limbah yang tidak berbahaya pula cukup hanya dibakar dan ditanam saja.

Kemudian, sejauh ini semua klinik sudah mempunyai Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL). Bahkan, beberapa minggu yang lalu pihaknya sudah turun melakukan pengecekan, terkait dengan Ipalnya tapi tidak ada ditemukan kendala. “Semuanya aman dari bahaya lingkungan,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button