Daerah

BKHD Praya Bantu Pemkab Buat Penjor

Lombok Tengah, Talikanews.com -Menjelang pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Lombok Tengah ke-72 yang puncaknya tanggal 15 Oktober 2017, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah terus menata dan menghias titik-titik masuk kota Praya. Itu terlihat dari pembuatan Penjor yang dilakukan.

Tapi yang menarik dalam pembuatan penjor, Pemerintah Kabupaten Loteng bekerjasama dengan Banjar Karya Hindu Dharma (BKHD) Praya. Bahkan, BKHD Praya terlihat anstusias dan semangat membuat penjor yang bahan dasarnya dari bambu dan berhiasan janur tersebut.

Sekretaris Dinas Perkim Loteng, Muhamad Saiful mengatakan, dalam rangka menyambut HUT Loteng ke-72, perlu juga dilakukan penataan dan menghias kota. Sehingga, dari panitia penataan dan tata rias di HUT Loteng berinsiasi membuat penjor.

Ternyata dalam pembuatan penjor pula disambut baik oleh BKHD Praya. Dan atas dasar inilah, pantia dari pemkab Loteng bekerjsama dengan BKHD Praya membuat penjor.

“Penjor yang akan kita buat sebanyak 100 buah,” kata Saiful.

Kemudian, dari 100 buah itu, 88 buah akan dipasang sepanjang jalan mulai dari perempatan Kodim sampai ke PLN Praya. Sedangkan 12 buah akan dipasang di sekitar Alun-Alun Tastura. Diantara, tiga buah dipasang di Bencingah, dua diperempatan Kodim lagi, dua di panggung kehormatan di Bencingah, dua diperempatan kantor Bupati, dua di sebelah utara masuk Alun-Alun Tastura dan dua di sebelah selatan Alun-Alun Tastura.

“Konsepnya akan dipasang kiri kanan,” ungkapnya.

Sementara, Ketua BKHD Praya, I Nengah Renas mengatakan, pihaknya merasa bangga dan bersyukur atas dilibatkannya dalam rangka memeriahkan HUT Loteng ini. Apalagi, dilibatkan dalam pembuatan penjor.

Sehingga, dalam pembuatan penjor ini, semua anggota BKHD Praya yang jumlahnya 225 KK ikut terlibat dalam pembuatan penjor. Tidak hanya itu, ibu-ibu di rumah juga ikut membuat hiasan penjor, dengan harapan penjor yang dibuat bisa dilihat menarik.

“Pokoknya kami siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan HUT Loteng,” ungkapnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button