Pemerintahan

Bendera Pataka Loteng Mulai Diarak

Lombok Tengah, Talikanews.com – Bendera pataka dalam menyambut HUT Kabupaten Lombok Tengah ke-72 yang jatuh nanti tanggal 15 Oktober, mulai diarak. Hal ini ditandai dengan Pelepasan Kirab Pataka Lambang Kabupaten Loteng di halaman kantor Bupati Loteng, Senin (2/10) yang diawali dengan penyerahan bendera Kirab Pataka Lambang Kabupaten Loteng oleh Wakil Bupati, L Pathul Bahri kepada Sekretaris Daerah H Nursiah selaku Ketua Panitia HUT Loteng.

Kabag Humas dan Protokol Setda Loteng, H L Herdan mengatakan, setelah penyerahan di lakukan ke panitia. Selanjutnya bendera Pataka lambang Kabupaten Loteng beserta bendera merah putih pertama kali diserahkan ke pemerintah Kecamatan Praya. Prosesi penyerahan bendera pataka dari panitia ke Kecamatan Praya dilakukan di Masjid Agung.

“Kini bendera pataka diinapkan semalam di Kecamatan Praya. Besok (hari ini red) baru dilanjutkan ke kecamatan Praya Barat Daya,” terangnya.

Setelah diinapkan di Kecamatan Praya Barat Daya satu malam juga, baru dilanjut ke Kecamatan Praya Barat. Dan begitu pula di Kecamatan Praya Barat diinapkan satu malam.

“Pokoknya disetiap kecamatan akan diinapkan satu malam,” ujarnya.

Setelah di Kecamatan Praya Barat dilanjut ke kecamatan Pujut, setalh itu ke Kecamatan Praya Timur terus ke Kecamatan Janapria, Kecamatan Kopang, Kecamatan Batukliang, Kecamatan Batukliang Utara, Kecamatan Pringgarata dan berakhir di Kecamatan Jonggat pada tanggal 13 Oktober.

“Tanggal 14 Oktober pemerintah kecamatan Jonggat menyerahkan kembali bendera pataka ke pemerintah Kabupaten Loteng,” katanya.

Sementara, jumlah pengarak bendera pataka sebanyak 75 pasukan. Dimana, 15 pasukan yang terdiri dari unsur Paskibra sebagai pembawa Bendera Merah Putih, 10 pasukan terdiri dari anggota Sat Pol PP selaku pengawal pataka dan 45 pasukan yang terdiri dari unsur Pramuka disimbolkan sebagai lambang Loteng.

Sehingga maksud dari 15-10-45 itu merupakan symbol hari kelahiran Kabupaten Lombok Tengah.

“Kita berharap masyarakat Loteng juga ikut berpartisipasi mensukseskan dan memeriahkan HUT Loteng ke-72,” harapnya. (TN-03)

Tags

Related Articles

Back to top button