Pendidikan

Ajarkan Anak Berbagi, MTsN 1 Loteng Santuni Anak Yatim

Lombok Tengah, Talikanews.com – Bulan Muharram merupakan bulan penuh berkah. Untuk menyemarakkan kegiatan tahunan ini, MTsN 1 Lombok Tengah melakukan kegiatan sosial peduli anak yatim piatu. Tercatat ada 52 anak yatim memperoleh santunan. Dan anak yatim tersebut terdiri dari siswa siswi MTsN 1 Loteng.

Kepala MTsN 1 Loteng, Muhammad Salim mengatakan, pemberian santunan kepada anak yatim tersebut sebagai bagian dari perhatian dan kepedulian sosial yang sudah menjadi tradisi atau budaya di sekolah. Yakni, saling bantu membantu terhadap sesama yang membutuhkan.

“Ini adalah program tahunan yang kami laksanakan setiap Muharram. Kami wujudkan dalam bentuk berbagi rizki berupa santunan,” katanya.

Kemudian, santunan itu berasal dari sumbangan anak-anak dan guru-guru di sekolah dengan sukarela. Dan antusiasme anak-anak dalam berbagi pihaknya ajukan jempol. Karena, anak-anak bukan hanya tuangkan bentuk kepeduliannya itu dalam kegiatan di Muharram ini saja, melainkan anak-anak juga rela menyumbangakan sebagian uang pesangonnya untuk membantu warga Rohingya.

“Saya sangat salut sama anak-anak saya disini dalam hal peduli social sesamanya,” ungkapnya.

Sementar, Ketua Komite MTsN 1 Loteng, H Muh. Yusuf Saleh menyampaikan, santunan di bulan Muharram ini bisa menjadi agenda rutin dalam rangka membantu anak anak yatim.

“Anak anak jangan minder atau rendah diri. Kita sikapi hidup ini dengan penuh makna sehingga dapat menggapai cita cita,” ujarnya.

Menurutnya, MTsN 1 Loteng dinilai berhasil menciptakan budaya peduli terhadap sesamanya dengan berbagai program yang dijalankan. Seperti, salah satu yang dilanjakan yakni santunan kepada anak yatim.

“Kami berharap budaya peduli ini terus dipertahankan,” tandasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button