Sosial

Umat Hindu Lombok Galang Dana Gunung Agung

Mataram, Talikanews.com – Umat Hindu di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat menggalang pengumpulan dana sebagai kepedulian terhadap para pengungsi Gunung Agung, Bali.

Ketua PHDI NTB I Gede Mandra di Mataram, Selasa, mengatakan pengumpulan dana dan peralatan bagi pengungsi itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap para pengungsi Gunung Agung, Bali.

“Aliansi generasi muda hindu sudah bergerak galang dana, sebagian sudah kirim ke Bali,” katanya.

Selain menggalang pengumpulan dana dan bantuan peralatan bagi para pengungsi. Umat Hindu di Pulau Lombok, kata I Gede Mandra juga akan menggelar upacara persembahyangan bersama di Pura Jagadnata Mayura, kota Mataram, pukul 16.00 Wita, Selasa (26/9) ini.

“Kegiatan ini diprakarsai aliansi muda hindu,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan tersebut untuk meringankan beban para pengungsi Gunung Agung, Bali.

Baca Juga : Aktifitas Gunung Agung Masih Belum Pengaruhi Jalur…

“Kami juga mengajak supaya semua lapisan masyarakat di Pulau Lombok ikut ambil bagian membantu pengungsi Bali,” jelas I Gede Mandra.

Sementara itu, terkait data pengungsi dari Bali yang menuju Pulau Lombok. I Gede Mandra, mengaku belum memiliki data pasti berapa jumlah warga Bali yang mengungsi ke Lombok.

“Kaitannya dengan pengungsi secara kelembagaan, belum ada informasi resmi,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya secara individu sudah menerima laporan warga Bali yang mengungsi ke Lombok. Bahkan, di antara pengungsi tersebut merupakan warga muslim yang bermukim di Karangasem mengungsi ke rumah kerabatnya di wilayah Sekarbela, kota Mataram.

Baca Juga : Aktifitas Pelabuhan dan Bandara di Lombok Normal Mesik Erupsi…

“Ada juga warga kita yang memiliki menantu warga Bali di jemput untuk pulang ke Lombok,” ucapnya.

Lebih lanjut, PHDI NTB sendiri, ujar I Gede Mandra, menindaklanjuti PHDI pusat sudah bersurat ke Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Provinsi NTB untuk melakukan pemantauan arus pengungsi, sehingga pihaknya bisa melakukan pendataan.

“Ini inisiatif kita untuk bisa membantu pemerintah dan pengungsi Gunung Agung,” tandasnya. (TN-02)

Related Articles

Back to top button