Daerah

Aktifitas Gunung Agung Masih Belum Pengaruhi Jalur Penerbangan Bali-Lombok

Lombok Tengah, Talikanews.com – Meskipun Gunung Agung telah ditetapkan dari siaga 3 menjadi status awas, hal tersebut belum berpengaruh terhadap beberapa penerbangan dari  Lombok Internasional Airport (LIA) hingga hari ini.

Pihak BMKG dan semua pihak baik dengan pihak Angkasa Pura dan Bandara LIA selalu berkoordinasi apabila terjadi kemungkinan buruk dengan meletusnya Gunung Agung di Bali sehingga aktifitas penerbangan baik domestik maupun internasional dan over flying masih berjalan normal.

Sejauh ini naiknya status Gunung Agung belum berdampak terhadap aktivitas penerbangan dari dan menuju  Lombok sehingga masih belum perlu dilakukan status pemindahan jalur penerbangan maupun penutupan penerbangan.

Menurut petugas BMKG Lombok Internasional Airport, Arie Widiono menjelaskan hingga saat ini menurut pantuan pihaknya, aktivitas Gunung Agung di Bali masih berstatus awas belum ada terlihat aktivitas yang nantinya akan membahayakan jalur penerbangan domestik mauapun internasional menuju maupun dari lombok.

”Pantauan dari Satelite Himawari masih belum ada aktifitas dari Gunung Agung jadi sementara jalur penerbangan masih berjalan normal ’’terangnya.

Menurut Arie, sejak kali pertama BMKG menaikkan status gunung agung menjadi awas, semua pihak yang sebelumnya selalu berkoordinasi 24 jam, langsung siaga untuk melakukan monitoring secara penuh dan ketat.

Dari pantauan satelit di BMKG terdapat gambaran merah, hal tersebut bukan merupakan gambar letusan maupun awan panas dari letusan Gunung Agung namun merupakan gambaran awan normal yang berada disekitar Gunung Agung Bali.

Sesuai informasi dari berbagai pihak serta pantuan Satelit BMKG, hingga sabtu pagi tadi sebaran debu vulkanik belum terdeteksi, dengan demikian kondisi yang terjadi pada gunung agung belum memengaruhi operasional penerbangan saat ini.

“Aktivitas penerbangan baik domestik maupun internasional dan over flying/masih  masih normal, jika kondisi berubah dengan  dengan aktivitas Gunung Agung, maka sesuai prosedur secepatnya, kami akan mengeluarkan peringatan jalur penerbangan dan diharapkan juga untuk semua pihak dalam memberikan informasi harus jelas agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat nanti ”tegasnya. (TN-01)

Related Articles

Back to top button