Daerah

Prajurit Kodim 1620/Lombok Tengah Bersih-bersih Pantai Awang

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kodim 1620/Lombok Tengah (Loteng), menggelar aksi gotong royong membersihkan sampah di Pantai Awang Dusun Awang Balak Desa Mertak, Pujut. Kegiatan tersebut, melibatkan warga dusun setempat, dibantu warga Desa Kidang, Praya Timur.
“Kita ingin, objek wisata yang satu ini bersih. Jangan membuang sampah sembarangan lagi,” pesan Dandim 1620/Loteng Letkol Inf. Is Abul Rasi pada Talikanews.com, tadi (22/9).

Ia mengatakan, aksi semacam itu, merupakan wujud kepedulian TNI membantu pemerintah dan masyarakat, guna menjaga kebersihan pantai. Jika pantai bersih, maka wisatawan dari mana pun akan berdatangan. Begitu pula sebaliknya. Persoalan itu pun menjadi tanggung jawab bersama.

Aksi itu juga, diakui Is secara langsung menggugah kesadaran warga lingkar pantai, agar menjaga pantainya, jangan membuang sampah sembarangan. Jika tidak ada tempat pembuangan sampah (TPS), maka bisa digunakan karung atau plastik. Setelah itu, dibuang ke tempat yang sudah disediakan. “Insya Allah, kegiatan yang sama kita akan laksanakan di tempat lain, secara bergiliran,” ujar orang nomor satu dijajaran TNI Gumi Tatas Tuhu Trasna tersebut.

Kegiatan tersebut, tambah Is sekaligus upaya TNI menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), di dalam maupun di luar objek wisata. Ia tidak ingin lagi, mendengar aksi kejahatan terjadi. Sehingga, TNI siap menjadi garda terdepan membantu kepolisian, pemerintah dan masyarakat.
 Yang penting, tekan Is kerja sama. Karena, tidak bisa pekerjaan maupun masalah, dikerjakan satu atau dua elemen saja. “Kami menyampaikan rasa syukur dan terima kasih, atas dukungan Kodim,” cetus Oseng, salah satu tokoh masyarakat Dusun Awang Balak.

Lebih lanjut, pihaknya mengingatkan kepada dinas dan instansi terkait tentang, janji penyediaan mobil pengangkut sampah di Awang Balak. Karena, sampai sekarang tidak kunjung datang. Di satu sisi, Awang Balak menjadi wilayah strategis, setelah adanya Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN).

Di sisi lain, lanjut Oseng mayoritas warga di Dusun Awang Balak, memang membuang sampah di pantai, tidak ada tempat lain kecuali pantai saja. Wajar, karena TPS tidak ada. “Paling tidak kami butuh tiga TPS. Insya Allah cukup,” ujarnya. (TN-01)

Related Articles

Back to top button